Monday 26 October 2015

Perbedaan Antara Drum Elektrik dan Drum Akustik

Perbedaan Antara Drum Elektrik dan Drum Akusti

Banyak siswa bertanya kepada saya mana yang lebih baik untuk berlatih ataubermain di elektrik ataudrum akustikJawabannya adalah tidak hitam dantidak putih, namunpertanyaan bisa dilihatdengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari kedua jenisinstrumen.
Kedua jenis drum 
ini (elektrik maupun akustik) memiliki kegunaan dankeuntungan yang berbeda beda, tetapi pada akhir harinya semua tergantung pada tujuan anda dalam menggunakan alat tersebut danbagaimana anda bermain drumUntuk mempermudah keputusan anda Anda, maka saya telah untuk membuat daftar keuntungan dan kerugian darimasing-masing drum set dan kemudian silahkan Anda memutuskan.




Drum Elektrik


Kelebihannya :


Mungkin keuntungan yang paling penting dengan drum elektrikadalah kemampuan untuk berlatih dengan headphone  atau mengecilkanvolume drum sehingga masalah kebisingan dapat dihindariHal ini membuat drum elektrik menjadi ideal untuk rumah tangga (yang tidak punya studio atau ruangan peredam suara) tanpa membuat para tetanggamarah-marah karena bising.

Kebanyakan drum elektrik dengan fasilitas untuk praktekseperti metronom dan beberapa jenis suara drum, yang memungkinkandrumer untuk bereksperimen dengan selera musik dam gaya bermainmerekaHal Ini tentunya bisa menjadi sangat menyenangkan dan bagus untuk belajar.

Kebanyakan kualitas drum elektrik yang level menengah lebih murah daripada kebanyakan drum akustik yang level menengahterutama ketika Anda mepertimbangkan harus membeli cymbal beserta standnya (biasanya untuk drum akustik level menengah cymbal dan stand tidak dijual satu set dengan drumnya maka drum akustik jauh lebih mahal harganya)Kisaran harga drum elektrik mulai sekitar £ 500.

Stick Drum yang digunakan untuk bermain drum elektrikcenderung lebih awet karena stick tidak memukul seperti di drum akustik yang memukul rims Drum dan tepian simbal yang lebih tajam.Kemudian sebuah keuntungan kecil yang saya tahu, Anda akan mendapatkan bounce atau pantulan lebih bagus pada drum elektrikkarena pada dasarnya drum ini memiliki bantalan karet yang selalu lebih terjaga tension nyasehingga bermain juga menjadi sedikit lebih mudah.

Anda jelas tidak perlu khawatir tentang tuning drumelektronikDrum kit listrik dapat dipasang langsung ke peralatan rekaman / pcBahkan beberapa jenis drum elektik yang berlevel lebih tinggi telah dibangun di fasilitas rekaman sudah.

Drum elektrik ini juga ukuran yang lebih kecil daripada kebanyakan drum akustik dan sehingga dapat masuk ke dalam kamar kecil atau di pasang di panggung yang sempit.




Kekurangannya

 Sound pada drum elektrik tidak terdengar sama sebagai drumakustikIni adalah kelemahan terbesar dengan drum elektrik.Teknologi ini memang telah ditiingkatkan tetapi masih saja tidakbisa mengalahkan suara drum akustiksimbal dan hi-hat nyaBahkan drum elektrik yang murah terdengar sangat palsu dan dapat menjadi tidak nyaman untuk dimainkan. Beberapa drum elektrik  bahkan tidak memiliki pedal bass drum yang nyata, dan sebaliknya disediakan dengan bantalan bass drum yang sensitive terhadap sentuhan ringan yang digunakan untuk tempo cepat.

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa drum elektrik bukan berarti benar-benar tidak bersuarasuara dapat terjadi dari memukulbantalan karet dengan stick dan pedal bass drum memukul mukulpermukaan pad karet bass drumnyayang suaranya dapat merambatmelalui lantai dan dinding sehingga kadang masih terdengar di ruangan lain.

Spare part Drum elektrik  juga sering rusak dan akan perludiganti seperti bantalan pad nya atau klem-klemnyaBahkan kadang susah mencari spare part nya.

Membeli drum elektrik bekas dapat menjadi berisiko seperti dengan membeli apapun produk elektronik yang bekasBisa jadi sudah rusak namun Anda tidak akan pernah tahu sampai Anda membawanya pulang dan menggunakannya.

Kit listrik bisa sangat canggung saat mengatur tingkat suaradi atas panggung dan sebagian besar sound enggineer tidak siap untukmempersiapkan kelengkapan dari Drum elektrik.

Memang drum elektrik cuma membutuhkan amplifier eksternalgitar yang kecil jika hanya diperlukan untuk penggunaan pribadi Anda sendiri tetapi jika digunakan di atas panggung makan akan membutuhkan amplifier yang lebih besar.

Beberapa drum elektrik  posisinya juga sangat terbatas misal ketinggian atau kemiringannya tom-tomnya tidak dapat diatur, karena terbatas pada drum racknya sendiri.




Drum Akustik 


Kelebihannya


Dengan drum akustik, maka drummer mampu bermain dengan feel dan sentuhan yang tepatdari sangat lembut hingga sangat keras.Cymbal dapat selalu dibersihkan/dipoles namun tidak seperti kebanyakan drum elektrikDrum akustik adalah instrumen yang sangatsensitif dan halus dengan dinamika besar yang tidak mungkin dengan hanya menciptakan versi elektroniknyaNamun!

Drum akustik memungkinkan drummer untuk belajar dan melakukanstroke rollbuzz roll / closed roll, memainkan cymbal swells,teknik hi-hat dan cross stick pada tingkat yang lebih baik dan lebih realistis daripada drum elektrik.

Drum akustik baru yang level bawah dapat dibeli dengan harga £200 dan bahkan yang bekas bisa lebih murahTidak seperti drumelektronik dimana drum bekasnya lebih beresiko rusak sebelumnya.

Pengaturan posisi sudut drum akustik (kemiringan/ketinggian snare, rack tom, flor tom dari anda duduk) jauh lebih fleksibeluntuk ditempatkan di mana Anda ingin.

Tidak ada amplifier/sound out yang diperlukan untuk latihansendiri maupun bersama grup band.




Kekurangannya
 

Suara sebuah drum akustik adalah sangat keras tapi drum padsuntuk peredam dapat digunakan untuk mengurangi volume yang drastis.Tapi hal ini berarti bahwa rasa dan suara drum menjadi kurang bagus.

Drums akan membutuhkan kulit head pada drum diganti sesekalitergantung pada seberapa keras atau sering Anda bermain dan belinyabisa saja relative mahal (terutama bass drum yang lebih besar).

Drum akustik ini perlu disetel/tuning, hal ini bisa sulitdilakukan dengan baik oleh amatir/pemula.

Tidak menggunakan ear plug menyebabkan kerusakan padapendengaran adalah risiko nyataHati-hati!

Drum akustik dengan set yang besar/lengkap dan berat makamemerlukan ruang dan kesabaran saat melakukan set up kalo tidak bisa rusak.

Drum akustik dapat tergores dan bahkan wrap/pelapisnya bisa jadi rusak jika tidak dirwat atau ditaruh ditempat yang.




Kesimpulan


Seperti yang Anda lihat, ada banyak alasan untuk memilih salah satu drum tersebut (elektrik atau akustik)Saran sayaketika ditanya selalu bergantung hanya pada satu tolak ukur - kebisinganmenjadi masalahJika jawabannya adalah ya maka drummer jelas akanmempertimbangkan drum elektrikDrum elektrik yang termurah meskipun (di bawah £ 300sangat tidak nyaman untuk bermain dan tidak realistis tapi setidaknya akan memberikan anda kesempatan untukbelajar dan berlatih pada sesuatuDrum elektrik semuanya dibuat seperti "mainan" dan alat-alat belajar merupakn yang terbaik untukberlatih di tetapi tidak untuk tampil di panggungSeorang pemulabisa menggunakan elektrik di kamar tidur mereka, tetapi drummerpanggung mungkin akan membutuhkan satu set drum akustik.
 
               Sebuah drum akustik jika terbukti terlalu keras maka anda bisa membeli/memiliki satu set pad peredam yang ditaruh di atasnya (sekitar £ 50) lalu dipindahkan ke suatu tempat di mana suara tidak menjadi masalahNamun pada akhirnya tidak ada yang bisa mengalahkan suararasa dan kehalusan sebuah drum akustik. Jika saja kemudian drum elektrik dikembangkan agar feel dan suaranya PERSISsama seperti drum nyata atau cymbalnya maka kemungkinan akan menjadi pilihan sayaTapi dilemanya saya seorang pementas dan drummerprofesional jadi hal ini mungkin sedikit bias.

No comments:

Post a Comment